Bioedutainment

Belajar, Senang, dan Berkah

Revisi Taksonomi Bloom

Jun-1-2009 By bowobiologi

oleh: BOWO SUGIHARTO

Tahukah Anda bahwa taksonomi Bloom sudah mengalami revisi? Mungkin pernah mendengar atau barang kali sudah sangat memahaminya, tetapi tidak ada jeleknya saya nulis sedikit tentang ranah kognitif dalam pembelajaran tersebut.Dahulu kita mengenal klasifikasi secara hirarkhis terhadap ranah kognitif Bloom menjadi enam tingkatan, mulai dari C1 sampai C6. Klasifikasi hirarkhis itu masih digunakan lagi dalam revisi taksonomi Bloom tersebut sekalipun dengan nomen yang sedikit berbeda. Ada hal yang sama sekali baru dalam taksonomi Bloom yang baru ini. Sistem hirarkhis yang dulu digunakan dalam Bloom dari C1 sampai C6 merupakan salah satu dimensi dalam klasifikasi tersebut, yaitu dimensi proses kognitif. Hanya saja dalam dimensi proses kognitif, pada taksonomi yang baru mengalami revisi seperti yang akan diuraikan berikut ini.

Tingkatan Ranah                 Lama                                      Baru/dimensi proses kognitif

C1                                      Knowlwdge                             Remember

C2                                      Understand                             Understand

C3                                      Apply                                      Apply

C4                                      Analyze                                   Analyze

C5                                      Aynthesis                                Evaluate

C6                                      Evaluate                                  Create

Tabel di atas menunjukkan secara singkat perbedaan C1 sampai dengan C6 secara singkat.

Hal yang sama sekali baru adalah munculnya dimensi yang lain dalam taksonomi Bloom, yaitu dimensi pengetahuan kognitif. Dimensi pengetahuan kognitif dibedakan pula secara hirarkhis menjadi empat kategori yaitu: pengetahuan faktual, pengetahuan konseptual, pengetahuan prosedural, serta pengetahuan metakognitif.

Berdasarkan dua dimensi tersebut ranah kognitif dapat dibuatkan tabel yang memadukan dua dimensi tersebut. Dan inilah bagian yang paling sulit dalam mengklasifikasikan ranah kognitif menurut Taksonomi Bloom yang dirvisi ini.

Mudah-mudahan ada kesempatan untuk menulis lagi secara panjang lebar tentang hal ini.

  1. erina Said,

    BIsa disampaikan nggak..rujukan dari revisi terhadap taksonomi Bloom ini?
    terutama bukunya..
    terimakasih sebelumnya

  2. unsblogfest1.0 Said,

    Mengundang secara spesial Anda admin Blog ini.
    UNS mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas aktivitas blogging Anda selama ini di staff.uns.ac.id untuk itu Tim Webometrics UNS memberikan special invitation untuk menghadiri Blog Conference sebuah rangkaian penutup dari UNS BlogFest 1.0 di Auditorium UNS tanggal 11-12 Mei 2010 jam 08.00 WIB secara gratis & sepesial untuk Anda.
    Acara ini akan menghadirkan unsblogfest.blog.uns.ac.id/blogger-conference/
    Setelah menerima Online Invitation ini, Anda di haruskan melakukan konfirmasi dengan mengisikan nama, alamat blog dan email pada comment di halaman unsblogfest.blog.uns.ac.id/konfirmasi-peserta-staffdosen-2/ sebelum tgl 6 Mei 2010
    Setelah melakukan konfirmasi, undangan secara fisik dapat di ambil tgl 10 Mei 2010 di Blog Center International Office UPT. Puskom UNS Lt. 2 pada jam 10.00 s.d 15.30 WIB

  3. dea ersyah sherlytia Said,

    tolong,,infonya donk,,,mengapa taksanomi bloom di revisi?

  4. rera Said,

    nice posr..

  5. rera Said,

    wah, informasi ari artikel diatas sangat menarik dan bermanfaat..terimakasih..

  6. DJUMADI Said,

    A Taxonomy for Teaching, Learning, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy (Anderson, et al., 2001) categorizes cognition into six categories: Remember, Understand, Apply, Analyze, Evaluate, and Create. Because cognition is complex, the use of one category of cognition to identify the cognitive demand may not capture all of the cognitive processes working together. For example, when a student applies skills to collect and organize data for a graphic display, the process crosses several cognition categories

Add A Comment

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image